Konfigurasi Sierra Aircard C308 menggunakan Network Management

Dalam tulisan beberapa hari yang lalu, saya berbagi cerita tentang konfigurasi wvdial. Setelah membiasakan diri dengan utility bawaan Slackware 14.0, saya temukan cara yang jauh lebih praktis untuk mengkonfigurasi modem Sierra Aircard C308. Kali ini saya menggunakan “Network Management” yang telah ter-install secara default dalam Slackware 14.0.

Ternyata, “Network Management” mengenali dengan baik modem Sierra Aircard C308. Bahkan, daftar provider Indonesia telah tersedia dalam konfigurasinya. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan:

1. Ketika modem ditancapkan pada portusb, maka akan muncul notifikasi bahwa ada perangkat jaringan baru yang tidak dikenali. Dalam “kasus” saya, yang muncul adalah icon berbentuk telepon genggam.

Modem Terdeteksi

2. Kemudian saya masuk ke dalam “Network Management Settings”, lalu  memilih bagian “Network Connections” pada tab “Mobile Broadband”, dilanjutkan dengan mengklik button“add”.

Jendela Network Management Settings

3. Setelah itu saya konfigurasi negara domisili, jenis providerbeserta tipe layanan yang saya gunakan.

Memilih negara domisili

Memilih provider

Memilih tipe layanan

Konfirmasi😉

4. Konfigurasi user dan password.

Konfigurasi user dan password

Koneksi baru hasil konfigurasi🙂

5. Untuk mengaktifkan, saya hanya perlu mengklik-kiri pada nama koneksi yang baru dibuat, kemudian mengkonfirmasi koneksi atas konfigurasi yang dibuat.

Konfirmasi koneksi untuk mengaktifkan konfigurasi yang dibuat

Tampilan akhir dari konfigurasi

6. Terakhir, output pingdari koneksi yang baru saya buat😉

Semoga bermanfaat..🙂

# Catatan: penyebutan nama brand di atas semata-mata karena kesesuaian dengan peralatan yang saya gunakan🙂

4 responses to “Konfigurasi Sierra Aircard C308 menggunakan Network Management

  1. rohidin December 5, 2012 at 1:25 pm

    untuk cek pulsa dan sms gmn caranya?

    • yuan December 6, 2012 at 2:07 am

      Nah itu yang belum sy temukan caranya..😀 Sejauh ini slackware sy masih “mendua”. Buat urusan cek pulsa dan sebagainya, sy terpaksa beralih ke OS satunya😀 Makasih telah berkunjung..🙂

  2. adi May 10, 2013 at 7:03 pm

    ane mo tny ni, kok di os saya (fedora) kok gak ada tandanya ya, cara nemuiinn modemnya gimana ni

Leave a Reply

