“Menonaktifkan” Smiley WordPress

Berkenaan dengan posting sebelumnya, saya menemukan kendala ketika berusaha menampilkan karakter asli dari beberapa emoticon yahoo messenger. Secara otomatis wordpress menggeneralisir beberapa karakter yang ia kenali menjadi sebuah smiley. Misalnya ketika saya ingin menampilkan karakter asli dari emoticon fight, :‌(fight), maka yang muncul adalah sebagai berikut :(fight). Karakter “titik dua” dan “buka kurung” akan otomatis digeneralisir menjadi smiley “sad”.

Setelah googling sana-sini, akhirnya saya menemukan sebuah trik yang cukup ampuh..😀 Saya selipkan Zero-width non-joiner (ZWNJ) di antara dua karakter yang akan digeneralisir oleh wordpress. ZWNJ adalah karakter yang tidak tercetak, biasanya digunakan dalam sistem penulisan yang menggunakan ligatur. Jadi sebenarnya tips ini merupakan sebuah “tipuan visual” agar dua karakter berdampingan yang “dikhawatirkan”, tidak akan membentuk  makna yang berbeda. Untuk lebih jelasnya tentang ligatur, silahkan baca di sini.

ZWNJ dapat direpresentasikan dalam tiga bentuk : &‌#x200C;, &‌#8204;, atau &‌zwnj;. Yang perlu diingat bahwa representasi ini mesti ditulis dalam mode HTML. Semoga bermanfaat..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: