Mencicipi Slackware 13.37

Setelah hampir setahun setengah penulis menggunakan Slackware 13, penulis tertarik untuk mengganti dengan rilis terbaru distro favorit penulis ini. Versi 13.37 keluar beberapa hari yang lalu, tepatnya 27 April 2011. Sebelum versi 13.37, Slackware telah lebih dahulu merilis versi 13.1 pada 24 April 2010. Namun penulis tidak mencoba versi yang 13.1 berhubung masih asyik dengan versi 13.

Perubahan yang cukup berpengaruh dari versi 13.37 adalah konfigurasi tampilan grafisnya yang kini menggunakan xorgsetup. Penulis selama ini terbiasa dengan xorgconfig. Meskipun xorgconfig membutuhkan banyak pengaturan manual, tapi membuat penulis menjadi lebih paham tentang hardware yang penulis miliki. Dengan xorgsetup, pengaturan memang menjadi jauh lebih mudah, namun tidak berjalan “mulus” di PC penulis. Setelah xorgsetup berhasil dilakukan, penulis mencoba masuk ke mode grafis, tampilan berbayang-bayang dan saling menimpa satu sama lain.

Pertama yang penulis lakukan adalah mengenali hardware grafis yang penulis miliki. Dengan menggunakan perintah lspci, maka penulis mengetahui bahwa hardware grafis penulis adalah GeForce 6150SE nForce 430. Melalui mesin pencari google, penulis menemukan driver NVIDIA yang cocok untuk linux penulis, yaitu versi 270.41.06. List selengkapnya bisa dilihat di sini. Kemudian penulis menjalankan driver ini, tentunya pada mode teks (init 3). Butuh dua kali bagi penulis untuk membuat driver ini “tertanam” dengan baik. Pada percobaan pertama, muncul pesan bahwa telah ada driver yang tertanam, sehingga driver yang baru tidak bisa diinstalasi. Kemudian penulis diberi pilihan untuk menghapus driver lama tersebut. Penulis lalu memilih untuk menghapus driver lama tersebut. Selanjutnya penulis menjalankan ulang driver baru tersebut. Setelah proses instalasi driver berjalan baik, penulis menjalankan mode grafis. Alhamdulillah driver berjalan dengan normal.

Untuk audio telah berjalan dengan baik. Penulis hanya menambahkan sejumlah codecs mplayer agar file-file multimedia dapat berjalan lancar..🙂

One response to “Mencicipi Slackware 13.37

  1. Pingback: Menggunakan aplikasi berbasis Adobe-AIR di Slackware 13.37 « saya tidaklah sebaik yang Anda kira..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: