DestroyTwitter, Twitter Client yang Ringan dan Andal

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba menggunakan salah satu twitter client yang cukup populer, TweetDeck, di slackware saya. Namun karena konsumsi memorinya cukup besar untuk PC yang saya miliki, akhirnya dengan terpaksa TweetDeck saya tinggalkan. Browsing iseng tadi sore, saya bertemu dengan salah satu twitter client yang “katanya” cukup ringan: DestroyTwitter. Di halaman muka websitenya ditulis, “Powerful and Lightweight. DestroyTwitter packs in a ton of features while leaving an unbelievably small footprint. How does memory usage as low as 25mb sound? What about an installer under 1mb?.” Hmm.. Cukup “menggoda” bagi saya yang punya spesifikasi PC standar..๐Ÿ˜€

Aplikasi ini berbasis Adobe-AIR. Jadi bisa “dipastikan” kalau tampilan grafisnya cukup menarik. Ukuran file installernya hanya 666 kB, dipaket dalam format kompresi ZIP. OK, langsung saja pada proses instalasinya. Berhubung slackware saya telah terinstall Adobe-AIR, maka saya tidak akan jelaskan mengenai cara instalasi Adobe-AIR. Silahkan cari referensi lewat google. Saya yakin telah banyak yang membahasnya..๐Ÿ˜‰ Yang perlu kita lakukan adalah mengekstrak file ZIP yang telah didownload tadi. Hasil ekstraknya adalah sebuah file bertipe AIR, format standar dari Adobe-AIR. Kemudian file tersebut kita ekstrak lagi. Bila kita menggunakan Window Manager, saya yakin proses ekstraksi lebih mudah karena telah menjadi fitur yang terintegrasi dengan aplikasi file manager, seperti Konqueror atau Dolphin. Kemudian pindahkan direktori hasil ekstraksi ke direktori dimana Adobe-AIR terinstall. Terakhir, buat file “launcher”nya.

Berikut isi file launcher yang saya buat dengan nama destroytwitter.sh

/opt/air-sdk/bin/adl -nodebug /opt/air-apps/DestroyTwitter214p1/META-INF/AIR/application.xml /opt/air-apps/DestroyTwitter214p1

Beri mode akses eksekusi agar file tersebut bisa dijalankan.

Pada percobaan awal, saya menemukan pesan error sebagai berikut

Error loading the runtime (/usr/lib/libnssutil3.so: version `NSSUTIL_3.12.5' not found (required by /opt/air-sdk/bin/../runtimes/air/linux/Adobe AIR/Versions/1.0/Resources/nss3/1d/libnss3.so))

Karena saya tidak menemukan paket yang dimaksud untuk slackware, akhirnya saya gunakan paket Fedora Core 13. Paket yang semula bertipe RPM, saya ubah ke TGZ dengan menggunakan utility rpm2tgz. Setelah paket tersebut diinstall, saya kembali coba jalankan file “launcher” yang telah dibuat di awal tadi. Alhamdulillah akhirnya DestroyTwitter bisa berjalan dengan normal di slackware saya..๐Ÿ™‚

Tampilan

Ternyata, tidak cuma ringan, tapi aplikasi ini juga kaya fitur. Mulai dari fitur notifikasi, Auto Complete Usernames, hingga pengaturan Sound and Themes. Tertarik mencoba..???๐Ÿ˜€

27 responses to “DestroyTwitter, Twitter Client yang Ringan dan Andal

  1. ekonugroho17 March 5, 2011 at 12:29 pm

    bismillah,

    wah saya nggak punya twitter. so…. hehe…

  2. blame March 10, 2011 at 12:24 pm

    cara makeny enak po mas? terus klo replynya gmn… oke ga tuh…

  3. bonoes46 April 7, 2011 at 4:48 pm

    yup, sy jg install DT di WIndows, lumayan cepat / ringan n mayan byk fitur, yg terbaru skr klo buat windows sih dah versi 2.1.14p smakin mantab n jarang error, bahkan belum pernah err…

  4. Pingback: Menggunakan aplikasi berbasis Adobe-AIR di Slackware 13.37 « saya tidaklah sebaik yang Anda kira..

  5. awiel June 25, 2011 at 5:15 pm

    bro mau tanya…awalnya say pake Destroy twitter tapi ke REVOKE APLICATION di web twitter…jadi ga jalan sekarang nah cara nge balikin biar destroy nya jalan lagi

  6. nurul aulia July 21, 2012 at 6:28 pm

    aduucchhh aku g ngerti๐Ÿ˜ฅ hhhhhmmmmm….

  7. deddy September 28, 2012 at 12:48 pm

    barusan, saya ngalamai error nih d destroy, udh d install ulang tp msh gk mau jalan. ada tips gak ? thx. saya sudah lama pakai destroy ini

  8. Lovely Hinata November 19, 2012 at 9:04 am

    Gan, aku dah install DT tapi kok pas mau login error mulu yah ga.. solusinya gmn tuh gan.???

  9. ilham mahfuzie January 21, 2013 at 2:20 am

    maaf gan saya ko ga bisa sign in yah di destrot twitter, padahal pass dan namenya sudah saya pastikan benar.. kenapa yah?

  10. syb January 25, 2013 at 11:41 am

    gan, kalo cara setting DT biar ketika buka loptop ngk ikut starup gmn?
    di settingan starup udah ku disable tp besoknya buka ko masih ikutan k buka tuh DT nya

    • yuan April 9, 2013 at 3:44 pm

      mmm.. pakai windows atau linux? kalau windows, coba cek di System Configuration Utility. Kalau ada dalam list startup dan kondisinya tercentang, hapus centangnya..๐Ÿ˜‰

  11. Arif February 10, 2013 at 11:41 am

    gan, ane mau log in tapi muncul peringatanmake sure both fields are correct. padahal username sama passwordnya udah bener. gmn ini gan?

  12. elvira May 5, 2013 at 3:29 pm

    saya kok gabisa ngefollow orang ya pake destroytwitter ._. ada tulisan follow/unfollow sih, tp gabisa di klik๐Ÿ˜ฆ

  13. yadi ginanjar June 13, 2013 at 12:49 pm

    Gan kalo destroy twitter nya over capacity terus (ada tanda paus merah), kenapa ya? thnks

  14. Ahmad Dani Fauzi November 17, 2013 at 5:53 pm

    ane juga ga bs login ke DT padahal udah yakin 100% user & passowrd correct. Step penginstall-an nya biasa aja kan gan? Ane pake sistem operasi “Windows 7”. Itu penjelasan agan agak ribet ya. Agan pake sistem operasi apa nih?

Leave a Reply

