Pernak pernik Idealita

 

Berbicara tentang idealita memang suatu hal yang baik. Dengan berkaca pada kondisi ideal, maka diri akan lebih termotivasi untuk mewujudkannya dalam kenyataan. Timbul harapan yang besar suatu saat kelak kondisi tersebut bisa terwujud.

Bagi penulis pribadi, berbicara tentang idealita adalah berbicara tentang kemurnian langkah. Karena idealita adalah sebuah cita-cita mulia, yang semestinya tidak dicampuri oleh hal-hal yang kurang baik sekalipun ia terlihat kecil di mata kita. Ketika terlalu asyik berbicara tentang hal-hal besar, kita seringkali abai dengan hal-hal kecil. Mulut dan pikiran kita penuh dengan segudang konsep, namun kaki dan tangan kita tidak memanifestasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Entah karena kita lupa, atau kita tak terlalu paham dengan apa yang telah kita katakan.

Ketika kita dengan semangatnya berbicara tentang korupsi, maka berhentilah untuk memanfaatkan fasilitas organisasi untuk kepentingan pribadi. Ketika membahas tentang profesionalisme, maka janganlah kita mencampuradukkan perasaan pribadi dengan aktivitas di tempat kerja. Ketika berujar tentang kedisiplinan, maka mulailah dengan tidak “mengkorupsi” jam kerja untuk hal-hal yang tak jelas.

Kalau kita lupa dengan hal-hal “kecil” tadi, maka apapun yang kita sampaikan akan termentahkan dengan sendirinya. Beribu kata yang keluar dari mulut kita pada akhirnya hanya akan menjadi rajutan kata tanpa makna, tak mampu membekas pada orang yang mendengarnya. Karena mereka telah resisten, akibat perilaku diri kita yang tak mampu menterjemahkan idealita ke dalam realita..

#hanya sebuah pengingat untuk diri

4 responses to “Pernak pernik Idealita

  1. dee January 30, 2011 at 7:38 am

    gambare melas tenan to mas?

  2. blame January 31, 2011 at 2:05 pm

    dan jangan terlalu fokus mengerjakan hal2 yg kecil sehingga melupakan yg besar dan penting.. hehehe inget pas liqo kemaren..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: