Menggunakan prpltwtr (libpurple twitter protocol) pada Pidgin

Tampilan Twitter di Pidgin


Beberapa minggu ini saya “kecanduan” menggunakan twitter, khususnya sejak musibah meletusnya gunung merapi 26 Oktober lalu. Pada peristiwa tersebut koordinasi relawan melalui JALIN Merapi sangatlah aktif. Salah satu jalur yang digunakan adalah melalui microblogging twitter. Saya sesekali mengikuti perkembangan terakhir merapi via update twitter mereka.

Pada awalnya saya menggunakan aplikasi yang secara native menjalankan twitter. Kala itu saya menggunakan buzzbird dan tweetdeck. Buzzbird ringan dan mengakomodir fitur-fitur yang biasa digunakan. Sedangkan tweetdeck cukup berat, sebanding dengan tampilan interfacenya yang sangat menarik. Maklum aplikasi yang satu ini membutuhkan dukungan Adobe AIR.

Baru-baru ini saya menemukan Third-Party Plugin untuk menjalankan protocol twitter pada pidgin. Dengan plugin ini saya bisa menjalankan aktivitas chatting dan microblogging secara bersamaan dengan cukup menggunakan satu aplikasi saja. Plugin ini bernama prpltwtr. Silahkan melihat list menu plugin pada pidgin, bila telah tersedia GtkPrplTwtr (PrplTwtr Pidgin Support). Bila tidak, maka kita bisa mengcompile dari source. Cukup dengan menjalankan make dan make install, tanpa perlu melakukan configure. Seperti yang dijabarkan dalam halaman INSTALL pada web resmi project prpltwtr. Selamat mencoba..🙂

3 responses to “Menggunakan prpltwtr (libpurple twitter protocol) pada Pidgin

  1. Fathoni December 23, 2010 at 9:27 am

    Hahahah..😆

    Sy kenal avatar paling bawah, yg nmr 3 dr bawah dan nmr 4 dr atas…😎

  2. Fathoni January 8, 2011 at 1:34 am

    Oo… iya iya.
    Kenal.. Haha..😎

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: