Meraih Pengakuan

 

Setiap kita pada dasarnya ingin diakui oleh orang lain. Pengakuan itu  tanda bahwa kita dianggap ada. Apa bentuk pengakuan yang diinginkan, masing-masing kita punya jawaban sendiri-sendiri. Pada umumnya, sebagian orang ingin diakui dari sisi kemampuan diri, sebagian yang lain ingin diakui dari materi yang dipunya.

Nah permasalahannya, pengakuan adalah hak orang lain. Pengakuan itu lahir dari citra diri kita berdasarkan apa yang ditangkap oleh indera mereka. Pengakuan itu tidak bisa dipaksakan. Tidak bisa pula datang dari tuntutan. Ketika sebuah pengakuan lahir dari pemaksaan atau tuntutan, maka itu bukanlah pengakuan sejati, melainkan hanya sebuah pengakuan semu.

Sahabat, pengakuan hadir dari usaha yang konsisten. Tidak ujug-ujug terjadi. Sekarang tinggal pilihan apa yang akan kita tempuh, konsisten dalam kebaikan atau sebaliknya, memilih konsisten dalam keburukan. Kedua jenis konsistensi ini memiliki pengakuannya sendiri-sendiri. Ketika kebaikan yang dipilih sebagai jalur konsistensi kita, maka pengakuan yang diterima adalah pengakuan yang positif. Dan sebaliknya, pengakuan negatif lah yang akan melekat pada diri kita, bila jalur konsistensi dalam keburukan yang kita tekuni.

Namun Sahabat, mari kita tidak berfokus pada pengakuan yang diinginkan. Karena itu akan mengaburkan pandangan kita, sehingga kebaikan dan keburukan pun menjadi bias. Berfokuslah pada konsistensi diri apa yang akan kita tekuni. Berbuatlah terbaik yang kita bisa dalam menekuni konsistensi itu. Yakinlah, bahwa pengakuan akan datang dengan sendirinya setelah konsistensi kita miliki.

Mari kita jadikan pengakuan itu sebagai penyemangat untuk berbuat yang terbaik, bukan sebagai tujuan akhir. Karena hidup begitu fana Sahabat, konsistensi untuk meraih pengakuan manusia menjadi begitu kecil artinya. Biarlah segala konsistensi yang dilakukan menjadi bukti agar kita diakui di hadapan-NYA kelak.. Semoga..

2 responses to “Meraih Pengakuan

  1. ObatAntiRokok December 17, 2010 at 3:04 am

    pengakuan atau penetapan nih?! hehe,,,
    tetap sehat tetap smangadh!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: