Instalasi Google Chrome di Slackware 13

Selama ini saya setia dengan Firefox sebagai browser utama. Banyak fitur (baca: add-on) yang sangat membantu rutinitas keseharian saya,  misalnya MAF (Mozilla Archive Format) yang memudahkan saya dalam menyimpan sebuah laman internet.

Namun saya tertarik juga merasakan unjuk kerja google-chrome, yang terkenal cepat. Setelah beberapa kali gagal mencoba instalasi google-chrome di slackware, akhirnya saya temukan tutorial yang sederhana dan berhasil diterapkan. Tutorial aslinya disini.

Ada 3 file yang kita butuhkan, dalam proses instalasi ini

  1. paket google-chrome, bisa diperoleh di sini
  2. library gconf, bisa diperoleh di sini
  3. library orbit2, bisa diperoleh di sini

Setelah semua file tersedia, silahkan lakukan instalasi secara berurutan, mulai dari orbit2, dilanjutkan dengan gconf, lalu yang terakhir google-chrome. Seperti biasa, untuk instalasi kita gunakan perintah installpkg nama_paket via akun super-user..😉

Akhirnya google-chrome dapat berjalan di slackware saya. Selamat mencoba..🙂

“bukti” ^_^

Catatan: Library gconf yang saya gunakan dalam instalasi berasal dari source, bukan diambil dari repositori slackware di atas. Bukan karena apa-apa, kebetulan file yang saya temukan pra-instalasi berasal dari slackbuild. Bila menggunakan source, maka lakukan kompilasi seperti biasa. Lebih lanjutnya silahkan baca file INSTALL yang disertakan dalam file kompresi source.. 😀 Penggunaan library gconf dari repositori pada tulisan di atas demi alasan kemudahan..🙂

7 responses to “Instalasi Google Chrome di Slackware 13

  1. Fathoni December 12, 2010 at 2:13 pm

    Salut.

    (Salah 1?) penyakit saya adalah “malas” mendokumentasikan; nyoba Chrome di Slackware 13 udah pernah saya lakukan, tapi ya itu dia.. malas. Jadinya keduluan Yuan..

    Nah untuk Slax juga udah pernah, tp malas itu masiiiih aja..😈

Leave a Reply

