Refleksi 1 Muharram 1432 H

 

Punya keinginan akan sesuatu tidaklah salah. Namun sikap terlalu berambisi terhadap keinginan diri akan menyeret kita kepada perilaku yang kurang baik. Bisa jadi membuat kita menghalalkan segala cara untuk mewujudkannya. Sebaliknya bila tidak terwujud, kita akan dengan mudahnya mengeluh. Atau dalam kondisi yang lebih buruk bisa berupa sikap menghujat sekitar.

Ketika kita telah menggadaikan “kehalalan cara”, hak-hak orang lain pun menjadi terabaikan. Kita hanya berfokus pada pencapaian diri sendiri. Padahal pencapaian itu dalam prosesnya tentulah melibatkan orang lain. Tidak ujug-ujug terjadi. Ada peran-peran orang lain, yang meskipun tampak kecil di mata kita, mestilah dihargai dengan memenuhi hak-haknya.

Selain itu aturan dan norma pun menjadi terlihat bias di mata kita. Mungkin kita memang tidak memelintirnya. Tapi paling tidak kita akan berusaha membuat yang hitam dan putih menjadi abu-abu, sesuai dengan gradasi warna yang kita butuhkan untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Ketika keinginan itu tak terwujud, kita menjadi buta dengan hal positif yang menyertainya. Sahabat, dengan ketidak terwujudan itu bisa jadi muncul hal-hal baru yang bisa kita kembangkan, yang dengannya membuat diri kita menjadi lebih produktif. Ya, memang sangat dituntut kreatifitas kita dalam menyikapi keadaan. Namun tentu saja hal ini perlu didahului dengan membuang jauh-jauh sikap mengeluh.

Di awal tahun ini, mungkin menjadi waktu yang tepat untuk membuat resolusi diri setahun ke depan. Apapun bentuknya, semoga resolusi itu adalah yang terbaik bagi diri kita. Dan jangan lupa untuk selalu memohon bimbingan-NYA, Sahabat.. Agar dalam pemenuhan resolusi itu, diri kita selalu berada jalur yang IA kehendaki.. Semoga..

Selamat Tahun Baru 1432 Hijriyah bagi semua yang merayakannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: