Bersembunyi dibalik Prinsip

Memiliki prinsip dalam menjalani hidup saya yakin memang sebuah keharusan. Sehingga langkah kaki kita menjadi mantap, tidak mudah terombang-ambing. Kita punya keputusan yang tegas dan jelas dalam menyikapi setiap kejadian.

Namun kadangkala ada kejadian yang memerlukan sedikit kerelaan kita untuk “menyesuaikan” prinsip yang telah kita tanamkan sebelumnya. Bukan dalam arti, bahwa kita orang yang mudah berubah. Tapi lebih kepada pertimbangan atas kepentingan yang lebih luas.

Seringkali hal ini terjadi ketika prinsip kita itu “dibenturkan” dengan pemenuhan hak orang lain. Misalnya ketika kita telah berjanji dengan seorang sahabat, lalu tiba-tiba datang permintaan dari orangtua kita untuk menemani mereka mengunjungi kerabat yang sedang sakit.

Memenuhi janji telah menjadi prinsip yang kita pegang teguh selama ini. Namun membantu orangtua memenuhi kebutuhannya, juga punya arti yang tidak kecil bagi diri kita. Lalu mana yang akan kita dahulukan?

Setiap kita berhak punya jawaban sendiri-sendiri atas pertanyaan di atas. Apapun jawaban yang kita berikan hendaknya adalah yang terbaik bagi semuanya. Tidak perlu membesar-besarkan hal yang sebenarnya kecil, lalu mengecilkan hal yang sejatinya besar. Lepaskan ego kita barang sesaat, lalu mari lihat dengan jernih pilihan yang mesti kita ambil keputusannya itu. Kemudian jalani keputusan itu dengan cara yang baik.

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang bersembunyi di balik prinsip. Mereka yang menyikapi kejadian sesuai dengan keinginan hatinya, lalu menjadikan prinsip sebagai sebuah pembelaan diri. Yang dengannya membuat setiap pilihan yang diambil menjadi tampak baik di mata orang lain. Semoga kita bisa, Sahabat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: