Simpanlah Jejak itu Hingga Saya Tiada

Setiap perjumpaan selalu meninggalkan jejak, baik ataupun buruk. Jejak itu dibentuk oleh banyak faktor. Dua orang yang saling berjumpa mungkin memang menjadi faktor pembentuk jejak terbesar. Tapi ada juga faktor-faktor lain yang tidak bisa kita abaikan begitu saja. Seperti misalnya, track record yang melekat selama ini, keadaan aktual di sekitar masa perjumpaan, hubungan antara dua orang yang saling berjumpa dengan pihak ketiga, dan lain sebagainya.

Begitu pun perjumpaan saya dengan Sahabat semua. Baik yang pernah berjumpa secara fisik, maupun yang hanya “bersua kata” di dunia maya. Saya yakin tak satu pun dari perjumpaaan itu yang lewat begitu saja, tanpa meninggalkan jejak apa-apa. Minimal meninggalkan jejak berupa identifikasi diri saya dalam pandangan Sahabat semua, pembeda antara saya dengan pribadi-pribadi lain yang pernah Sahabat jumpai.

Setiap jejak yang saya tinggalkan itu punya kisah dibaliknya. Apa yang Sahabat lihat dari jejak itu, baik ataupun buruk, hanyalah kesimpulan dari tiap peluh yang saya teteskan dalam menghadapi problematika hidup. Dan kalau boleh jujur, sungguh saya ingin meninggalkan kesan itu sendirian di sana. Kesepian dalam lembaran masa lalu hidup saya.

Bila dirasa ada yang baik dari jejak itu, maka boleh lah Sahabat ambil hikmahnya. Dan bila banyak hal buruk darinya, saya mohon dengan sangat agar ditinggalkan. Sungguh dua hal ini membuat saya merasa cukup dan bahagia. Merasa cukup karena dengan tindakan Sahabat itu tidak menambah berat langkah kaki saya selanjutnya. Merasa bahagia karena saya bisa bermanfaat bagi Sahabat semua, walaupun mungkin tidak seberapa nilainya.

Saya khawatir jejak yang Sahabat anggap baik dari perjumpaan itu, bila sampai pada telinga saya, secara perlahan membuat saya menjadi puas diri. Membuat saya lupa bahwa saya bukanlah siapa-siapa di hadapan-NYA. Maka simpanlah jejak itu hingga saya tiada, Sahabat. Atau biarlah ia tersimpan rapat dalam hati, sebagai sebuah kenangan akan kehadiran saya dalam perjalanan hidup Sahabat semua. Kabulkanlah permohonan saya ini, Sahabat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: