Kasih Sayang dan Harapan

Semakin kita menyayangi seseorang, seringkali tanpa sadar harapan kita atasnya juga semakin bertambah besar. Harapan-harapan perubahan yang pada awalnya hanya tersimpan rapi dalam hati, akhirnya berujung pada permintaan dan tuntutan untuk dipenuhi. Sehingga terkadang harapan-harapan itu menjadi terkesan “dipaksakan” atas mereka.

Tidak ada yang salah ketika kita berharap orang lain berubah menjadi lebih baik. Itu salah satu pertanda kita menyayangi mereka. Namun akan kurang baik jadinya bila kita tidak memperhatikan berbagai sisi yang menyertainya.

Ketika harapan-harapan itu “dipaksakan”, bisa jadi reaksi yang pertama kali timbul adalah penolakan. Beruntung bila penolakan itu hanya sekedar senyum tanpa kata. Namun bayangkan bila yang terjadi adalah adu mulut atau bahkan adu fisik, tentunya tidak ada seorangpun kita yang menginginkannya.

Kita perlu mencari waktu yang tepat untuk mengungkapkan harapan-harapan itu. Dan tentu dengan disertai cara yang baik pula. Setiap kita punya “masa-masa sulit”, masa-masa dimana kita tak mampu mencerna pendapat orang lain dengan jernih. Karena itu alangkah lebih baik bila kita ungkapkan harapan-harapan tadi di luar “masa-masa sulit” itu. Di sini lah dibutuhkan kejelian kita dalam mengambil sikap.

Ketika harapan-harapan telah tersampaikan, kita perlu hargai setiap respon yang mereka berikan. Karena walau bagaimanapun juga, merekalah yang punya hak sepenuhnya untuk menentukan sikap. Dan mereka pula lah yang akan menerima segala tanggung jawab dari setiap pilihan sikap itu.

Terakhir, jangan lupakan kekuatan doa. Marilah kita meminta pada-NYA agar diberikan kekuatan pada diri kita dan semua yang kita sayangi untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Tentunya ke arah kebaikan yang sesuai dengan apa yang IA harapkan.. Semoga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: