Meniti Tangga Kebesaran Jiwa

“Men are disturbed not by things, but by the views which they take of them.”
~ Epictetus

Menerima sebuah kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan memang bukanlah hal yang mudah. Seakan dunia sedang tidak bersahabat dengan kita. Tapi apapun kenyataan itu, seberat apapun dirasa, alangkah lebih baik bila kita terima dengan hati yang lapang. Karena menolak sebuah kenyataan hanyalah menjadi tambahan beban dalam pikiran kita. Terimalah, lalu pikirkan hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk membersamai kenyataan itu.

Karena itulah peran orang lain yang berada di sekeliling kita menjadi cukup dominan. Mereka yang sedikit banyak punya andil dalam tewujudnya kenyataan itu. Ya, karena sekecil apapun andil itu membuat mereka lebih tahu tentang apa yang kita rasakan dibanding orang-orang yang sama sekali tidak terlibat di dalamnya. Orang-orang yang “hanya” bisa berkata, “Sabarlah, semuanya akan baik-baik saja”.

Bukannya saya menafikkan kalimat-kalimat penyemangat yang tulus dari orang-orang yang tidak terlibat itu. Saya hargai semuanya sebagai sebuah kepedulian. Namun seringkali kalimat-kalimat itu lewat begitu saja. Tak mampu membekas dalam jiwa, demi sedikit mengembalikan asa yang hilang. Tak kuasa membelai hati yang lara.

Kadangkala senyum tulus dan tepukan di pundak dari orang-orang di sekeliling kita dapat menjadi sebuah pembangkit semangat. Apalagi bila hal itu disampaikan oleh mereka yang berperan “antagonis”, orang-orang yang membantu tidak terwujudnya harapan kita. Sesungguhnya seringkali peran antagonis itu dimainkan bukanlah karena mereka membenci kita, tapi lebih karena mereka harus memilih peran.

Oleh karena itu, marilah kita coba hargai setiap peran yang telah diambil. Janganlah terbetik rasa benci pada setiap pengambil peran. Karena peran apapun yang dipilih adalah yang terbaik menurut pertimbangan mereka. Tidak hanya untuk mereka sendiri, tapi juga bagi diri kita, orang-orang di sekelilingnya..

#masih mencoba untuk tetap tersenyum.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: