Belajar Merasa Cukup

Salah satu syarat kebahagiaan adalah dengan terpenuhinya segala kebutuhan, entah itu jasmani maupun rohani. Mengenai detilnya kebutuhan itu, saya yakin setiap kita mempunyai standar yang berbeda. Tergantung dari bagaimana cara kita memandang kehidupan.

Namun Sahabat, sayangnya kita manusia “dibekali” dengan sifat selalu merasa kurang. Apapun yang kita punya, seakan menjadi kecil nilainya ketika melihat orang lain berpunya lebih. Rumput di rumah sebelah terlihat seakan lebih hijau dari yang ada di halaman kita sendiri.

Seringkali kita lupa Sahabat, bahwa terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan itu tidaklah dengan sendirinya, tapi melalui bantuan orang lain. Ada peran mereka dalam pemenuhan kebutuhan kita itu, dengan atau tanpa kita sadari. Ya, kita tidak akan mampu untuk memenuhi segala kebutuhan itu sendiri. Karena kemampuan yang kita miliki sebenarnya sungguh-sungguh terbatas.

Untuk memasak sayur yang nikmat, kita sungguh bergantung pada mereka para petani sayur. Mereka yang sudah dengan peluh dan letih menanam sayur dalam petak kecil kebunnya. Selain petani, kita juga sebenarnya sangat bergantung kepada mereka, para pedagang yang berjibaku di pasar pagi. Mereka, yang mungkin telah berjibaku dari dini hari, ketika mata-mata kita masih terlelap dengan nyenyaknya. Dan masih begitu banyak peran lainnya, bila kita mau sedikit lebih jujur dalam merunut prosesnya.

Sahabat, pernahkah kita sadari bahwa kita seringkali merasa punya kuasa lebih dengan rupiah-rupiah yang dimiliki? Merasa dengan rupiah-rupiah itu kita mampu memperoleh semua yang dibutuhkan? Mengkerdilkan daya upaya mereka yang berperan dalam pemenuhan kebutuhan kita itu?

Oleh karena itu, Sahabat, marilah kita sama-sama belajar merasa cukup. Karena dengan merasa cukup, kita belajar mengikis ego diri, sehingga segala sesuatu akan terlihat lebih objektif. Karena dengan merasa cukup, kita akan lebih menghargai peran orang lain dalam kehidupan kita. Semoga kita bisa, Sahabat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: