Belajar Memaknai Kesalahan

 

Berbicara tentang kesalahan masa lalu yang dilakukan orang lain itu memang mudah. Apalagi bila diri kita punya “kepentingan” di dalam pembicaraan itu. Kita memang cenderung mudah untuk melihat kesalahan orang lain, tapi sulit – lebih tepatnya, “enggan” – menyadari perilaku buruk diri sendiri.

Ya, apapun yang terjadi di masa lalu Sahabat, biarkan ia tetap menjadi bagian dari sejarah. Mengungkitnya sekedar untuk bahan pelepas omongan, apalagi demi membentuk citra tertentu kepada si pelaku, saya yakin bukanlah hal yang baik. Alangkah lebih bermanfaat bila kesalahan-kesalahan itu kita jadikan sebagai cermin diri. Menjadi pengingat agar suatu saat kita tidak terjatuh dalam kesalahan yang sama.

Memang terkadang, kesalahan-kesalahan masa lalu perlu dibahas, Sahabat. Namun pembahasan itu hanyalah demi mencari fakta-fakta yang belum terungkap. Bukan sekedar untuk menyudutkan si pelaku, dan membuat diri kita tampak lebih baik.

Karena setiap peristiwa itu punya cerita dibaliknya, Sahabat. Kita tak pernah tahu apa yang sebenarnya berkecamuk dalam pikiran sahabat kita ketika ia jatuh dalam sebuah kesalahan. Yang kita tahu hanyalah kepingan-kepingan kejadian yang ia “perlihatkan” pada diri kita, dengan atau tanpa ia sadari.

Kesalahan, menurut hemat saya, hanyalah kesimpulan akhir dari sebuah proses yang kita jalani dalam kehidupan. Bila akhir dari proses itu tampak baik, sesuai dengan yang kita harapkan, maka hal itu akan kita simpulkan sebagai sebuah “kebenaran”. Namun bila yang berlaku adalah sebaliknya, maka kita anggap itu adalah “kesalahan”.

Maka berilah maaf ketika sahabat-sahabat kita terjatuh dalam sebuah kesalahan. Bantulah mereka untuk bangkit dan memperbaikinya. Karena setiap kesalahan itu adalah beban, Sahabat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: