Menangkap Warna Indah Perbedaan

 

Berbeda pendapat adalah biasa. Karena tiap pribadi itu unik. Setiap pribadi punya latar belakang, pendidikan, permasalahan, pemikiran, dan tingkat emosi yang berbeda-beda. Karena itulah berbeda pendapat jadi hal yang wajar.

Tapi tidak semua orang senang berbeda pendapat. Karena seringkali ketika hal itu terjadi, emosi mengambil peranan begitu besar. Entah itu disebabkan kecenderungan seseorang untuk menyalahkan, merasa dirinya paling benar. Atau karena ia berada pada posisi tersudutkan, dipersalahkan perbuatan dan keyakinannya.

Ketika emosi yang mengendalikan, maka kemampuan kita untuk mendengar menjadi berkurang. Ya, hanya berfokus pada apa yang ingin didengarkan oleh emosi kita. Sehingga kita jadi kehilangan keseluruhan “cerita”. Ada bagian-bagian dari fakta yang terlewatkan begitu saja. Padahal bila mau sedikit menahan diri, sebenarnya begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari sebuah perbedaan pendapat. Minimal, kita jadi tahu sudut pandang lain dari sebuah kejadian.

Seperti kisah tentang orang-orang buta yang memegang gajah dan kemudian mendeskripsikannya. Ada yang mengatakan gajah itu seperti kipas, karena yang ia sentuh telinganya. Ada yang mengatakan gajah itu mirip ular, karena yang ia pegang adalah ekornya. Ada pula yang mengatakan gajah itu laksana pohon kelapa, karena yang ia raba adalah kakinya.

Bayangkan bila ketiga orang buta itu saling melengkapi deskripsinya satu sama lain, mereka akan mendapat “gambaran” gajah yang lebih utuh. “Gambaran” gajah yang memiliki telinga, ekor, dan kaki. “Gambaran” yang lebih mendekati kebenaran..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: