Menulis untuk Melepas Penat

 

Kadangkala ada kekhawatiran ketika saya menuangkan pikiran lewat sebuah tulisan. Khawatir akan ketidakmampuan diri ini menyelaraskan apa yang ditulis dengan yang dilakukan sehari-hari. Ada beban tersendiri ketika sebuah tulisan dibuat, para pembaca memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap diri penulis. Padahal, saya masih jauh sekali dari harapan itu semua.

Sesungguhnya bagi saya pribadi, menulis itu lebih kepada melepas penat. Begitu banyak yang dilihat, namun tak mampu saya sikapi dengan kata-kata. Kegelisahan yang tak tersalurkan. Akhirnya semua itu menumpuk jadi penat dalam pikiran.

Namun saya tidak menganggap bahwa ini adalah penat yang negatif. Saya mensyukurinya sebagai sebuah nikmat. Karena dengan munculnya penat-penat ini membuat pikiran saya menjadi dinamis. Penat-penat ini membuat diri saya tidak larut dalam “kepenatan” rutinitas sehari-hari.

Ya, saya tidaklah sebaik yang Sahabat kira. Dengan menyalurkan kepenatan lewat tulisan, saya berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Saya coba jawab segala kegelisahan tadi dengan lebih cermat, mempertimbangkan dari berbagai sisi. Walaupun jujur, saya rasakan itu tidaklah mudah. Lewat tulisan-tulisan ini pulalah, saya berusaha mengingatkan diri saya sendiri, mungkin tidak untuk saat ini, tapi di lain waktu nanti.

Apapun yang Sahabat lihat dari tulisan-tulisan ini, ambilah yang sekiranya baik. Tinggalkan segala yang buruk. Karena saya masih begitu awam tentang kehidupan. Masih sering tersilapkan warna warni duniawi..

4 responses to “Menulis untuk Melepas Penat

  1. ratihazizah November 23, 2010 at 5:19 pm

    nice quote..ada banyak hal yg bisa disampaikan dengan tulisan..sesuatu yg kita lihat, dengar dan rasakan lebih berwujud bila disampaikan dengan tulisan..karena lisan penuh dengan keterbatasan…
    biarkan kata – kata terus mengalir..membawa kebaikan untuk jiwa- jiwa yang baik..

    • yuan November 23, 2010 at 5:35 pm

      lihat, dengar, rasakan.. kaya judul lagu, teh.. :p
      makasih dah menorehkan makna di coretan saya kali ini.. 🙂
      jangan bosan berkunjung ya, teh..😉

  2. blame November 23, 2010 at 8:22 pm

    dari kemarin main tebak2 lagu… itu yg nyanyi sheila on 7, dgn judul yg dimaksud…xixixi

Leave a Reply

