Ketidakpastian yang (Semestinya) Membangkitkan Optimisme

 

Apakah yang pasti dari hidup ini? Bahkan sehirup udara yang kita butuhkan untuk menyambung hidup tidaklah bisa kita pastikan selalu ada. Tidak juga setetes air untuk menghapus dahaga. Padahal dua hal itu kebutuhan paling vital agar kita, manusia, dapat bertahan hidup. Dan dua hal ini pula yang seringkali lupa kita syukuri, karna sudah terbiasa ada sehari-harinya, selalu terpenuhi dengan mudahnya.

Maka apa yang pasti hanyalah yang telah kita lewati serta apa yang kita miliki sekarang. Tidak lebih dan tidak kurang. Kepastian yang telah kita lewati hendaknya menjadi bahan renungan kita melangkah dalam ketidakpastian masa depan. Begitu juga kepastian yang kita miliki sekarang seyogyanya menjadi sepenuh modal kita dalam melangkah.

Tapi terkadang “kekuatan” kepastian masa lalu dan masa kini terkalahkan oleh ketidakpastian masa depan. “Kekuatan” itu terlemahkan oleh ketakutan akan segala ketidakpastian. “Kita manusia hanya bisa berencana”, begitulah kalimat bijak penuh kepasrahan yang sering terdengar. Tidak ada yang salah dengan kalimat itu. Mungkin diri ini saja yang terlalu lemah untuk bisa mengaplikasikannya dalam perbuatan nyata.. Entahlah..

Yang bisa diri ini lakukan hanyalah memaksimalkan segala kepastian yang dipunya. Mencoba mewujudkan harapan yang diselimuti ketidakpastian. Menangkap setitik embun dalam derunya angin.. Apapun bentuk akhir dari ketidakpastian itu, adalah yang terbaik untuk semuanya. Semoga..

4 responses to “Ketidakpastian yang (Semestinya) Membangkitkan Optimisme

  1. jepun November 15, 2010 at 5:18 pm

    nice…, saya jadi teringat akan majalah tarbawi😀

  2. purpleheart November 15, 2010 at 10:35 pm

    @casmadi
    cuma celotehan aja koq.. makasih dah kembali berkunjung..🙂 gmn kabarnya..?

  3. blame November 16, 2010 at 9:13 am

    aku suka dengan imagenya…. like this pokoke..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: