QoTD, 13 November 2010

“Out beyond ideas of wrongdoing and rightdoing, there is a field. I will meet you there.”
~ Jalal ad-Din Rumi

Hmm…

Membaca dua kalimat sederhana di atas, membuat saya begitu tertegun. Walau kalimat itu telah berkali-kali saya baca, tetap saja membuat saya masih terus tertegun..

Betapa kita seringkali mengkotak-kotakkan segala yang terjadi ke dalam hal yang benar dan yang salah. Betapa kita seringkali “terbutakan” dengan segala persepsi awal yang telah terbentuk sebelumnya – dengan atau tanpa campur tangan kita sendiri, yang pada akhirnya melegalisasi justifikasi kita atas segala kejadian.

Mungkin saya yang awam ini begitu sederhana dalam memahami apa yang saya lihat. Banyak yang menganggap saya begitu naif. Mungkin mereka semua benar. Apapun itu, saya hanya mencoba jujur dengan apa yang saya pikir dan rasakan. Walau pada akhirnya membawa hasil yang berbeda dari harapan sebelumnya. Mungkin itu memang harga yang pantas.

Selama ini saya selalu mencoba melihat sesuatu bukan dari “apa”, “siapa”, “dimana”, “kapan”, dan “bagaimana”. Tidak dalam arti meniadakan, tapi menomor-duakan.  Aspek yang pertama dan utama yang saya perhatikan adalah “mengapa”. Saya berusaha melihat alasan dari apapun yang terjadi. Saya mencoba menggali latar dari apa yang terlihat. Saya coba meraba rasa dari apa yang terungkap lewat panca indera.

Pada dasarnya kita semua sama, dibekali “yang baik” dan “yang buruk”. Tinggal lebih berat mana yang kita langkahkan. Itulah yang akan menentukan hasil akhir yang kita peroleh.

Semoga IA tidak pernah bosan menuntun kita semua ke arah yang IA kehendaki..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: