Melihat ke dalam Lewat Jendela Berkaca Buram

 

Sudah begitu lama jendela itu tidak dibersihkan. Mungkin sudah terhitung tahun. Sesekali dibuka untuk mengurangi pengapnya ruangan. Dari jendela berkaca buram itulah terkadang saya melempar pandangan ke luar, sekedar mengalihkan pandangan dari apa yang terjadi di dalam. Ya, sebuah jendela berkaca buram. Penuh debu dan bercak noda. Sebuah bagian yang selama ini menjadi “pelengkap” ruangan, tak lebih..

Melihat ke luar, menyaksikan berbagai aktivitas di sekitar ruangan saya berada. Terkadang saya bertatapan mata dengan mereka yang berada di luar. Ada keinginan menyapa, tetapi selalu saya urungkan. Ada rasa malu yang hinggap. Dalam ruangan yang penuh fasilitas ini, masih begitu sedikit yang bisa saya hasilkan. Ada rasa takut untuk ditanya tentang apa yang saya lakukan selama ini. Pertanyaan yang masih terus saya coba temukan jawaban terbaiknya hingga kini.

Hmm.. Jendela itu saja masih begitu buram, tak pernah dibersihkan. Mungkin saya dan orang-orang yang berada di dalam terlalu sibuk beraktivitas hingga jendela itu terabaikan. Atau mungkin itu tanda bahwa kami sudah tidak peduli lagi dengan rutinitas sehari-hari dalam ruangan ini? Bukti bahwa kami terlalu asyik dengan dunia kami sendiri-sendiri.. Entahlah..

Terkadang saya berpikir untuk sesekali melihat dari luar. Mencoba “menjadi” mereka yang selama ini saya lihat. Syukur-syukur bisa melihat ke dalam tanpa diketahui. Agar tindak tanduk orang yang di dalam tetap natural, seperti hari-hari biasanya..

Mungkin kami satu persatu perlu digilir untuk melihat ke dalam lewat jendela itu. Agar mata kami sedikit terbuka bahwa selama ini kami diperhatikan. Agar kami sadar bahwa mereka melihat kami dengan tatapan yang penuh tanda tanya sekaligus harap.. Semoga..

Leave a Reply

