Berkarya yang Bermakna

Seorang sahabat baru saja meng-update status facebook-nya. Ia menulis tentang kegundahannya pada sebuah tawaran pekerjaan yang datang. Pekerjaan yang ditawarkan sebenarnya cukup menarik, namun dirasa tidak sesuai dengan keinginan hatinya. Hmm.. Dikala zaman sulit untuk mendapatkan pekerjaan, ternyata masih ada juga orang yang berpikir mendalam tentang pilihan pekerjaan yang akan digelutinya. Sungguh saya cukup kagum dengan beliau..

Memilih pekerjan memang bukan hal yang sederhana. Tidak sekedar membuat aplikasi lamaran, tes wawancara, kemudian mulai bekerja bila dinyatakan diterima. Itu bagi kita yang memilih “jalur” karyawan sebagai profesinya. Bagi yang berwirausaha, memilih pekerjaan tidak hanya sekedar melihat peluang yang ada, lalu membuat terobosan baru. Tidak sesederhana itu semua.

Pekerjaan adalah sarana bagi kita untuk mendapat penghidupan yang layak. Untuk memenuhi nafkah anak dan istri. Maka sudah seyogyanyalah kita memilih pekerjaan yang baik. Agar nafkah yang kita berikan kepada keluarga kita adalah “nafkah yang bersih”, nafkah berasal dari hal yang baik.

Bila kita melihat dari sisi yang lebih luas, maka apa yang kita karyakan lewat pekerjaaan yang telah kita pilih itu, akan berdampak pada orang banyak. Mungkin ada yang menggunakannya sebatas kebutuhan konsumsi, tapi bisa juga hasil karya kita itu dikembangkan lagi untuk menghasilkan sesuatu dengan kemanfaatan baru.

Alangkah bahagianya kita bila hasil karya kita dipergunakan orang banyak. Karena sungguh, rasa bersyukurnya setiap orang yang telah terbantukan oleh hasil karya kita merupakan satu pohon amal yang bernilai di-sisi-NYA. Maka apakah kita pernah berpikir sebaliknya, Sahabat? Bagaimana bila apa yang kita karyakan itu adalah sesuatu yang kurang baik? Mari kita coba jawab pertanyaan ini dengan hati..

#terima kasih pada Kuro Baka atas inspirasinya pagi ini🙂

6 responses to “Berkarya yang Bermakna

  1. Fitri PMRELOAD October 30, 2010 at 11:04 pm

    ngenyek ane sajake?!
    miLih itu penting dari pada gak ada yang milih😀
    huh,, tetep smangaaaaaaaaaaadh!

  2. ObatAntiRokok October 30, 2010 at 11:11 pm

    Makanya biar bisa berkarya yang bermakna!
    JANGAN NGROKOK!!!!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: