Menulis untuk dikenang

Mengapa kita menulis?

Kalau pertanyaan itu diajukan pada diri saya, maka akan saya jawab singkat : “untuk dikenang”.

Pepatah bilang, “Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang.” Maka saya kelak hanya mampu meninggalkan nama. Saya tak tahu, nama apa yang saya sandang saat ini. Baik kah? Atau malah, buruk..? Semua itu tersimpan rapat di hati orang-orang yang pernah berinteraksi dengan saya.Terlebih lagi, apa yang telah saya perbuat – tentunya – tidak akan bisa diulang untuk diperbaiki. Apa yang telah lewat, akan tetap menjadi begitu adanya. Tidak akan pernah bisa diubah.

Yang bisa saya lakukan sekarang adalah berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengulangi yang “buruk”, dan sebisa mungkin meningkatkan apa yang telah “baik”. Hmm, pernyataan yang terasa begitu umum. Walau saya yakin pernyataan ini adalah yang terbaik.

Hingga detik ini, sekian tahun sudah saya hidup di dunia, entah masih berapa tahun lagi yang tersisa. Mungkin hanya tersisa hitungan bulan, atau bahkan hari. Saya tak akan pernah tahu..

Hmm.. Karena itulah saya ingin menulis untuk dikenang. Saya ingin apa yang telah saya tulis menjadi penawar bagi yang telah “buruk” dan menjadi penyejuk bagi yang telah “baik”. Semoga bisa terwujud, sahabat..

Leave a Reply

