Kenapa kita menikah?

Tulisan ini adalah buah dari perbincangan dengan seorang sahabat beberapa waktu lalu. Walaupun telah usai, tapi perbincangan itu masih terus menari dalam pikiran saya. Maklum, topik yang dibahas adalah tentang pernikahan. Topik yang cukup sensitif, khususnya bagi diri saya sendiri.

Kenapa kita menikah?

Menurut saya, secara umum manusia melangsungkan pernikahan karena kebutuhan. Berbagai alasan yang diberikan untuk mendefinisikan kata “kebutuhan” ini. Dari alasan sederhana hingga yang kompleks. Setiap pribadi bisa jadi memiliki alasan yang berbeda. Alasan yang paling umum adalah kebutuhan untuk menggenapkan separuh agama. Alasan yang sampai sekarang masih sulit saya pahami. Mungkin karena keterbatasan ilmu saya. Atau mungkin baru saya akan benar-benar pahami ketika telah menjalaninya kelak. Hmm.. Semoga..

Ada juga alasan-alasan lainnya manusia melangsungkan pernikahan, misalnya kebutuhan untuk memperoleh keturunan, kebutuhan akan adanya tempat berbagi setiap saat, kebutuhan untuk diperhatikan dan memberi perhatian, dan lain sebagainya.

Entahlah.. Saya merasa tidak cukup “nyaman” dengan alasan-alasan di atas. Khususnya setelah melihat realita di sekeliling saya. Bagaimana alasan-alasan itu pada akhirnya berujung pada kekecewaan. Bagaimana harapan akan terwujudnya kebutuhan-kebutuhan itu menjadi sirna, “terkikis” oleh gesekan-gesekan kehidupan..

Akhirnya saya mencoba mendefinisikan sendiri “kebutuhan” saya. Saya ingin menikah karena pendewasaan. Ya, karena pendewasaan. Atau dengan kata lain, saya ingin menikah untuk membuat diri saya lebih dewasa. Saya ingin menikah karena saya butuh untuk menempa diri ini menjadi lebih dewasa.

Doakan saya ya, sahabat. Semoga kebutuhan saya ini bisa terwujud..  ^_^

Leave a Reply

