Pilihan nama pertama: “ShalatDistro”

Alhamdulillah akhirnya proses remastering berhasil juga. Saya tercambuk oleh quotes yang ditulis oleh linuxman33 di forum slax (http://www.slax.org/forum/)
“If at first you don’t succeed, failure may be your style” Kata-kata yang sangat dalam maknanya bagi saya. Saya terpikir soal nama yang tepat untuk distro remastering saya ini.

Awalnya saya cukup ragu untuk memberi nama. Saya coba konsultasikan lagi dengan Ice Man. Dengan lugasnya ia menyatakan, “setiap sesuatu itu mestilah punya nama”, Mungkin memang benar, nama adalah wujud minimal eksistensi sebuah makhluk. Hal pertama yang Allah ajarkan kepada Adam adalah nama-nama benda. “Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: ‘Sebutkanlah kepada-Ku nama-nama benda-benda itu jika kamu memang benar-orang-orang yang benar’.” (QS. 2: 31)

Lalu saya coba buka lagi posting-posting di SLAX forum, ternyata saya temukan satu artikel menarik yang berjudul “How Much of SLAX Can be Changed Before You Cross The Line?”
Di sana ada 2 tanggapan dari Tomas Matejicek (Project Manager SLAX) tentang hal ini:
“You should rebrand everything.
If you’re creating your own distro, it should have OWN branding.
Moreover please don’t include ‘slax’ text in the name of your distro,
as it’s no more SLAX. It’s something modified, maybe something even better, but it’s not SLAX anymore.”

Kemudian tanggapan berikutnya
“Well I feel it this way:
if you create a SLAX-based distro by adding modules to it for your personal use, then you can call it SLAX.
But it you modify SLAX and distribute your modification to other people, you shouldn’t call it SLAX as people could be confused.”

Sepertinya saya memang tidak punya pilihan selain memberi nama buat distro remastering ini. Karena walau bagaimanapun juga, distro ini sudah tidak original lagi. Dan saya juga berkeinginan untuk menyebarluaskan distro ini, agar nilai “manfaat” bagi diri saya semakin luas. Pilihan nama jatuh pada “ShalatDistro”Walaupun, cukup banyak teman yang kurang puas dengan nama ini. But, so far, I don’t have a better name..

170607

Leave a Reply

