Akhirnya, pilihan pun jatuh padanya..

Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan hingga akhirnya pilihan jatuh kepada SLAX Server versi rilis 5.1.4 sebagai base dari distro remastering saya nantinya. Keinginan untuk menggunakan Damn Small Linux versi rilis 3.3, “si mungil nan lincah”, akhirnya pupus sudah karena keterbatasan kemampuan saya dalam mengkonfigurasi server MySQL. Awalnya beberapa pilihan muncul sebagai alternatif solusi:

  1. Saya menggunakan Damn Small Linux dengan mengkonfigurasi sendiri server MySQL.
  2. Saya tetap menggunakan Damn Small Linux dengan merubah sistem database yang digunakan (alternatifnya: menggunakan plain text atau SQLite)
  3. Saya menggunakan distro lain yang lebih “siap pakai”

Pilihan pertama pupus, setelah saya mencoba melakukan instalasi paket debian-etch di dalam sistem Damn Small Linux. Ternyata dependensi paketnya begitu besar, yang tentunya juga membutuhkan kemampuan mendalam tentang sistem operasi Debian.Pilihan kedua pun sirna, karena itu berarti saya harus merubah kode program dan mempelajari lagi sistem database yang cukup berbeda dari yang saya gunakan selama ini. Disamping itu, keterbatasan waktu yang tersisa juga menjadi kendala bagi saya. Karena semua naskah dan program mesti sudah beres pada 31 Juli besok, padahal sampai saat ini persiapan saya belumlah 33 %

Akhirnya saya memilih untuk menggunakan SLAX Server dengan asumsi, bahwa SLAX adalah turunan dari SLACKWARE (distro yang paling setia menemani saya selama ini). Selain itu paket-paket aplikasi yang saya butuhkan semuanya telah tersedia di dalamnya: server Apache, PHP, dan server MySQL:)

140607

Leave a Reply

