Cinta Itu Membutakan..

Teman, terkadang rasa cinta kita terhadap seseorang membuat kita menjadi over protektif dalam menyikapi hal-hal yang berkaitan dengan dirinya. Rasa cinta itu menjadikan kita sangat tidak ingin melihat ia terjatuh dalam keburukan. Mempersepsikan ia sebagai bagian dari diri kita, terkadang – bahkan – sebagai diri kita seutuhnya.

Kita seringkali lupa bahwa ia juga diberikan Allah kemampuan dan kesempatan untuk memilih setiap jengkal dari langkah hidupnya. Diberikan akal untuk membedakan mana jalan yang “benar” dan mana pula jalan yang “salah”. Dan tlah ditentukan pula olehNYA garis takdir yang kelak akan dilaluinya.

Teman, ingatkah kita bahwa seorang bayi itu akan berkali-kali jatuh terlebih dahulu sampai ia mampu berjalan dengan sempurna? Atau seorang “biker”, akan lebih dahulu berkali-kali jatuh dari motor yang dikendarainya hingga ia mampu menjadi pengendara yang baik?

Mungkin sang bayi tidak akan mampu berjalan dengan baik bila dahulu ia selalu dipegang oleh kedua orang tuanya ketika ia berlatih berjalan. Begitupun sang “biker” tidak akan mampu menjadi pembalap yang handal, bila psikisnya selalu terbebani oleh kekhawatiran yang berlebihan dari orang-orang di sekelilingnya.

Oleh karena itu teman, marilah kita sadari bahwa tugas kita hanyalah mendampinginya. Mengingatkan bila ia telah keluar dari “jalur”nya. Dan menguatkan ketika ia terpuruk oleh “luka” kehidupan. Selebihnya, kembalikanlah semuanya kepada Allah. Karena teman, sungguh kebaikan dan keburukan sejati hanyalah kebaikan dan keburukan dari perspektif Rabb Yang Maha Mengetahui Segala.

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu,
dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu;
Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”
(QS. Al Baqoroh, 2: 216)

Wallohu a’lam..

(Menjelang tengah malam, 120607)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: